31 October 2014

Semua ada di Lombok, kawan!

Traveling bukan hanya soal jalan-jalan, melihat keindahan alam, perkotaan dan keunikan dunia lainnya. Namun, travelling juga tentang bagaimana menghargai dan mencintai bangsa ini dengan segala yang dimilikinya. Keelokan Indonesia ada begitu banyak, luar biasa banyak dan tak terhitung jumlahnya. Bolehlah jika engkau ingin pergi jalan-jalan ke luar negeri, kawan. Tapi jangan pernah lewat dan lupakan, bahwa bangsa ini punya begitu banyak hal yang lebih berharga, lebih indah, dan lebih sempurna dibandingkan dengan negeri lain diseberang sana. Trust me! 

Dari Sabang sampai Merauke, dari begitu banyak destinasi luar biasa yang dapat dikunjungi, maka biarlah kali ini saya berbicara tentang Lombok. Bukan hanya di Indonesia, tapi juga dunia, siapa yang tak kenal dengan keindahan alam dan budaya pulau ini? Pulau yang termasuk dalam bagian provinsi Nusa Tenggara Barat ini dapat dikatakan punya segala yang kita mau dalam hal travelling. Ingin mencari keindahan pantai dan laut lepas? wohooooo! jangan ditanya lagi, Lombok salah satu juaranya! Siapa yang tak kenal dengan pantai senggigi? Pantai paling terkenal diantara wisatawan yang berkunjung ke Lombok ini memiliki sunset yang luar biasa indah dan sangat-sangat-sayang jika dilewatkan. Pasir putih dengan sebagian pasir hitamnya menjadikan pantai ini memiliki keunikan dibandingkan dengan pantai-pantai lain pada umumnya. Air lautnya yang cenderung tenang menjadikan para wisatawan dapat melakukan snorkeling dengan aman bahkan untuk pemula sekalipun. Ada pula si elok pantai kuta, salah satu pantai terindah di lombok, bahkan di Indonesia ini memiliki pasir putih yang halus dengan laut biru yang begitu memikat. Suku Sasak, yang merupakan suku asli Pulau Lombok, punya tradisi unik setiap bulan Februari-Maret di pulau ini, yaitu upacara Bau Nyale dan penangkapan cacing Nyale. Hihihi, sudah dapat indahnya pantai dan laut lepas, dapat pengalaman menyaksikan salah satu budaya Indonesia lagi dalam satu waktu. Hal seperti ini saya sebut dengan Travelling choose 1 get 2 hehehehehe.

Semua ada di Lombok. YUP! Ingin wisata bahari, Lombok juga juaranya! Trio pulau Gili (Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air) di bagian barat Lombok dikenal memiliki pemandangan bawah laut yang disebut-sebut bahkan menyaingi Great Barrier nya Australia. Di gili juga terkenal dengan tradisi awig-awignya, suatu tradisi yang tidak memperbolehkan wisatawan untuk mengedarai kendaraan bermotor alias there is no polution in Gili! Udara yang segar dan bebas polusi, dengan keeksotisan suasana tropis khas Indonesia, siapa yang tak menyukainya? Tak usahlah ke Australia kalau ingin melihat terumbu karangnya, tak usahlah jua ke Swiss jika ingin menghirup udara bebas polusi, jika keduanya dapat kita temukan di Indonesia. Jika keduanya ada di Lombok!

Hmmmm, yang saya sebut diatas itu baru pantai dan alam bawah lautnya Lombok loh, yang saya yakin sudah membuat siapapun yang membaca artikel ini mupeng pengen liburan ke Lombok atau kangen mau ke Lombok lagi. Masih banyak lagi wisata lain yang belum saya sebut dan sepertinya banyak tulisanpun takkan bisa menggambarkan keindahan pulau ini. Ingin treckking ke gunung, ada Gunung Rinjani, gunung api tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian mencapai 3.726 M diatas permukaan laut. Ingin menikmati arifnya budaya pedesaan Indonesia? Ada desa Senaru yang terletak di lereng Gunung Rinjani dengan air terjun Sendang Gila nya yang terkenal. Atau Rambitan dan Sade, desa suku adat Sasak yang merupakan cikal bakal budaya yang berkembang di Lombok saat ini. Keindahan bawah laut sampai keindahan diatas puncak gunung, sekali lagi, semua ada di Lombok!

Referensi isi dan foto:http://www.anaklombok.com/tempat-menarik-di-lombok.htmhttp://wisatalombokaja.blogspot.com/2013/12/tempat-wisata-di-pulau-lombok-yang-indah.htmlhttp://en.wikipedia.org/wiki/Lombokhttp://wisatalombokaja.blogspot.com/2013/09/berwisata-ke-pantai-kuta-lombok.htmlhttp://panduanwisata.com/files/2012/07/Sade-Rembitan.jpghttp://panduanwisata.com/files/2012/08/peta_NEW.jpg

No comments:

Post a Comment